Team Program 'Masjid Gaharu' Kota Depok

1.Ganif Aswoko , email: aswokoganif@gmail.com



2.Taqyuddin SSi MHum , email: taqygeo@gmail.com




Senin, Februari 02, 2009

Malaysia Berguru Budi Daya Gaharu di Indonesia

 Pontianak-Negara terdekat kita, Malaysia, tidak henti-hentinya berguru pada Indonesia dalam rangka mempersiapkan kemampuan sumber daya manusianya. Tujuannya agar mereka mampu menguasai bidang penelitian dan teknologi.

Setelah mendatangkan tenaga pengajar dari Indonesia, magang di bidang pengembangan tanaman karet klon unggul, pada Mei 2007 silam, pejabat dan peneliti Forest Research Institute Malaysia (FRIM) berguru di pusat pengembangan budi daya tanaman gaharu (Aguilaria spp) di Pulau Bangka, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Bengkulu, Banten dan Riau. Gaharu sangat laku di pasaran ekspor, untuk bahan baku industri minyak wangi, pengharum ruangan, hio, hingga industri obat dengan cara mengambil bahan aktifnya untuk kepentingan kesehatan manusia. 

“Potensi yang sangat menggiurkan, telah membuat FRIM tertekad segera mempercepat riset dan pendanaannya,” kata Erdy Santoso, peneliti mikrobiologi hutan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan, Bogor, pada ekspose dan gelar teknologi hasil-hasil penelitian. 

Menurutnya, agar Indonesia tidak ketinggalan momentum, pihak Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Kehutanan, agar segera membentuk tim riset gaharu yang khusus menangani gaharu dari berbagai aspek penelitian (mikrobiologi, genetik, tree improvement, breeding, sosial ekonomi, grading system, biochemistry, pharmacology, dan lain-lain). Di antaranya melalui percepatan strategi riset agar kualitas gaharu dari inokulasi buatan dapat dipercepat.

“Sebagai contoh, permasalahan kelas mutu gaharu yang ditentukan oleh pedagang gaharu sangat merugikan para petani gaharu, sehingga diperlukan segera standardisasi mutu gaharu yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” kata Erdy.


Inokulum

Ada 26 jenis gaharu (Aquilaria spp) yang pernah ditemui di Asia dan tujuh jenis Gyrinops spp masuk ke convention on international trade in endangered species of wild flora and fauna (CITES), appendix 2 di antaranya adalah Aquilaria hirta, A malaccensis, A microcapa, A filarial, Cumingiani, A beccariana, Gryonops verstegii, G moluccana, dan G cumingiani. 

Dia menjelaskan kayu gaharu bisa ditanam di sela-sela tanaman kelapa dalam, kelapa sawit, karet, dan kakao. Hasil penelitian di Indonesia, Aquilaria malacensis LAMK adalah jenis terbaik dan paling mahal. Per kilogramnya dihargai minimal Rp 300.000. Satu tegakan pohon hasil inolukasi di atas 20 kilogram, hanya dalam limit waktu tidak lebih dari tujuh tahun. Per hektare bisa ditanami 7.000 tegakan, dengan investasi Rp 500 juta-Rp 1 miliar. 

Pengadaan bibit di persemaian dan kegiatan penanaman tanaman penghasil gaharu sudah dimulai dilakukan masyarakat di sekitar hutan. Bibit tanaman penghasil gaharu dapat disediakan melalui cara generatif maupun vegetatif.

“Dari kegiatan di Kabupaten Sanggau, Kalbar, penanaman pohon penghasil gaharu mencakup 204 anggota sejak tahun 2003 di lahan 143 hektare (143.000 bibit), telah membuktikan tidak ada kendala berarti yang dihadapi para petani di lapangan,” lanjutnya.

Untuk menghasilkan teras gaharu berkualitas, tegakan pohon disuntik melalui sistem pengeboran batang setelah berusia 4-6 tahun. Lubang disuntik cairan jamur (inokulum), sesuai takaran. 

Jamur pembentuk gaharu diadang zat antibodi di dalam batang. Bentuk perlawanan menghasilkan teras gaharu berkualitas ekspor setelah cairan inokulum bersarang selama sembilan bulan ke atas. Dampak suntikan, tegakan pohon merangas, mati, mengelupas, dan yang tersisa tinggal teras gaharu berkualitas siap panen. Ada 20 isolat jamur pembentuk gaharu. Empat di antaranya telah teruji dan membentuk infeksi gaharu dengan cepat, yaitu isolat jamur asal Jambi, Gorontalo, Sumatera Barat, dan Kalbar. 

Erdy menegaskan antisipasi yang perlu dilakukan dari cepatnya luasan tanaman penghasil gaharu, adalah ketersediaan inokulum gaharu pemacu produksi gaharu secara buatan pada tingkat produksi massal harus seimbang dengan laju jumlah tanaman penghasil gaharu di lapangan. 

Menurut Erdy, pemerintah Indonesia harus segera mengambil momentum ini agar dapat diperoleh keuntungan dari ekspor gaharu dan masyarakat juga dapat mengambil manfaat yang besar. Pemerintah tidak perlu khawatir dengan kemungkinan terjadinya proses turunnya harga komoditas gaharu akan memerlukan waktu yang lama, riset terus berkembang dalam usaha meningkatkan mutu gaharu dengan harga yang kompetitif.(aju)

(Sinar Harapan, 22 Dec 2007)

18 komentar:

  1. pohon gaharu itu seperti apa ya? dimana bisa dapat benihnya dan berapa harganya? sepertinya peluang usaha yg cukup menarik. oya ,,, satu lagi dimana alamat penampung gaharu. thx

    BalasHapus
  2. pohon gaharu itu seperti apa ya? dimana bisa dapat benihnya dan berapa harganya? sepertinya peluang usaha yg cukup menarik. oya ,,, satu lagi dimana alamat penampung gaharu. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. cv. multyagro15 Juli 2012 22.50

      silakan hubungi kami 089665702654

      Hapus
  3. gaharu ya ...., saya jual bibit gaharu varietas Aquilira Mallacencis, kerjsama dengan PT Solidgolg jaya Indonesia, fasilitas suntik inokula gratis, hub. 085640190925

    BalasHapus
  4. Gan numpang posting.,
    Jual kayu gaharu buaya kualitas super dari alam ready stock 300 Kg, Jawa barat, harga Rp. 150.000,- per Kg. Peminat hub email: hafasi@gmail.com or telp 087887534499. Sedia bibit pohon gaharu Aquilira Mallacencis dalam polybag, ukuran pohon 30cm harga Rp. 7500,- per pohon.

    BalasHapus
  5. Apa benar harganya cma sgtu Tuan? cb anda kalkulasikan hrga sama biaya prwtn selama 5 thn(dgn tanaman yg hnya 1X panen,bkn kontinyu),apa ndk rugi Tuan?!?!?!

    BalasHapus
  6. bisa tolong cari teras yang seharga 300 ribu sampai 1 juta tidak.kalo super harga lain.
    kenvin
    lkm.agency@gmail.com
    +60169264288

    BalasHapus
  7. besok klow malasia dah bisa kita indo di tko. yg perlu di ajari tu orang kita dulu. malasia suruh beli ja gitu kok repot.

    BalasHapus
  8. saya punya 10kg gaharu.. call me 085263083505

    BalasHapus
  9. saya punya 10 kg gaharu super. call me doni in???085263083505

    BalasHapus
  10. saya ada garu super sebnyak 200 pohon dan umurnya 2 Tahun, besar diameter pohan sebesas canting susu cap enak.

    silakan penawarannya (tidak termasuk tanah lahan).
    bagi yang tertarik Hubungi
    Imail FACEBOOK : idehartawan@ymail.com

    TERIMAKASI..............!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sila hubungi kami
      serta gambarnya

      Hapus
    2. kami menjual 1500 pohon gaharu di daerah grogot KALTIM, usia pohon sdh 10 thn, diameter berkisar 30-40cm. di jual 4.5jt/ pohon (nego) harga sudah termasuk lahan 2HA n 1 unit rumah, jika berminat silakan hubungi 085222440659 atau email anto_bunyu@yahoo.com

      Hapus
  11. kami menjual 1500 pohon gaharu di daerah grogot KALTIM, usia pohon sdh 10 thn, diameter berkisar 30-40cm. di jual 4.5jt/ pohon (nego) harga sudah termasuk lahan 2HA n 1 unit rumah, jika berminat silakan hubungi 085222440659 atau email anto_bunyu@yahoo.com

    BalasHapus
  12. Bagi yg punya Gaharu Super AA dan AAA, lokasi brg harus di jakarta, segera hubungi sya di 081 2991 9975.
    Serius!!!

    BalasHapus
  13. saya lagi cari gaharu yang berwarna hitam
    klo ada boleh saya minta sample contoh nya di email kan
    jaenalabidin365@gmail.com
    087808431706

    BalasHapus
  14. Berani beli mahal kayu gaharu jenis King Super/ Double King asal Kalimantan (harum, hitam, tenggelam diair, bisa dipake untuk bahan). Hub. 087741164012, 081905276343

    BalasHapus
  15. Anda Mau Jual Gubal Kayu Gaharu Dengan Harga Mahal??? hubungi saya langsung : Pak Hadi 0852 1839 8734. tq

    BalasHapus