Team Program 'Masjid Gaharu' Kota Depok

1.Ganif Aswoko , email: aswokoganif@gmail.com



2.Taqyuddin SSi MHum , email: taqygeo@gmail.com




Rabu, Februari 04, 2009

Pengusaha Gaharu Bisa Kaya

Pengusaha gaharu bisa kaya, sebab per kilogramnya, gaharu kering dijual Rp 3 juta. Per pohon gaharu biasanya diperoleh 2 kilogram gaharu kering siap jual. Di umurnya 4 - 8 tahun sudah bisa dipanen. 

Ini terungkap saat pelatihan kelompok Gaharu 88 yang beralamat di Jl. Jati VIII No 80 a Sawah Lebar Bengkulu bekerjasama dengan Majalah Trubus menggelar pelatihan budidaya pohon gaharu Sabtu - Minggu (31 Januari - 1 Februari). Pelatihan diikuti dengan praktik di Jl. Cimanuk. 

Pelatihan diikuti 27 peserta yang berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Pontianak dan Malaysia. Hal ini disampaikan Ketua Kelompok Gaharu 88, Ir. Joni Surya Djakfar. 

Peserta tampak antusias mendengarkan penjelasan dari pemateri yang berasal dari Asosiasi Gaharu Indonesia (Asgarin), Dr. M. Faisal Salampessy, SH. Peserta yang cukup menarik perhatian adalah mantan Sekjen Dephan RI, Letjen TNI Purn R.H. Soeyono, SE dan peserta dari Malaysia Dato' Dr. Hj. Ilias yang tampak serius memperhatikan penjelasan pemateri. 

"Pelatihan seperti ini merupakan media untuk disampaikan kepada masyarakat, kalangan pengusaha mengenai manfaat pohon gaharu yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Sehingga dengan digelarnya pelatihan menarik masyarakat dan kalangan pengusaha untuk menanam pohon gaharu," ujar Joni. 

Nilai ekonomis gaharu terletak pada gubal gaharu yang muncul setelah pohon gaharu terinfeksi dan mati. Gubal gaharu mengandung damar wangi (aromatic resin) yang mempunyai aroma khas. Di Indonesia dijumpai tidak kurang dari 16 jenis tumbuhan penghasil gubal gaharu. 

"Gaharu juga bermanfaat untuk obat-obatan. Selain itu juga bermanfaat untuk wewangian. Saat ini kebutuhan gaharu dunia mencapai lebih dari 61.310 ton per tahun. Konsumsi gaharu terbesar seperti negara-negara Timur Tengah, Taiwan, Jepang, China. Di negara-negara tesebut gaharu menjadi kebutuhan pokok. Ini prospek yang sangat bagus," jelas Joni. 

Sekjen Asgarin, Dr. M. Faisal Salampessy, SH mengatakan, budidaya gaharu cukup mudah, tidak memerlukan perawatan tinggi dan Bengkulu memiliki struktur tanah yang cocok untuk tumbuhnya tanaman gaharu. "Bengkulu merupakan habitat tumbuhnya gaharu di pulau Sumatra. 

Pohon gaharu ini mudah dibudidayakan. Bisa ditanam sebagai tanaman tumpang sari, bisa ditanam di pekarangan rumah, batas tanah,median jalan, taman, pot dan lain-lain. Kebutuhan pasar terhadap gaharu juga semakin meningkat," ujar Faisal. 

Dilanjutkan Faisal, peran serta pemerintah sangat diperlukan untuk sosialisasi gaharu ini. "Pemerintah hendaknya lebih berkonsentrasi untuk memperhatikan komoditi ini. 

Selain memiliki nilai ekonomis tinggi budidaya gaharu juga akan meningkatkan jumlah tenaga kerja. Misalnya untuk proses pemanenan membutuhkan tenaga kerja yang relatif banyak. Pemanenan dilakukan dengan cara penebangan terhadap pohon gaharu dan selanjutnya dilakukan pemisahan dari tiap lubang bor yang telah membentuk gubal gaharu, ini membutuhkan tenaga kerja yang banyak," terang Faisal.(rei)


Rakyatbengkulu, Februari 2009

10 komentar:

  1. Gan numpang posting.,
    Jual kayu gaharu buaya kualitas super dari alam ready stock 300 Kg, Jawa barat, harga Rp. 150.000,- per Kg. Peminat hub email: hafasi@gmail.com or telp 087887534499. Sedia bibit pohon gaharu Aquilira Mallacencis dalam polybag, ukuran pohon 30cm harga Rp. 7500,- per pohon.

    BalasHapus
  2. Tehnik inokulasinya bagaimana ya? Saya minta tolong yang tahu masalah ini kareha saya ingin membudidayakannya. Penjelasannya saya tunggu di wahyuwdd@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. wah gmn ya aplikasi penanaman yang jelas

    BalasHapus
  4. ada gak dari sumatera utara

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Kita Menjual Bibit GAHARU Berkualitas
    Untuk wilayah Pekanbaru Kota, Kab. Rengat, Kab Bengkalis, Kab Siak, Kab Pelalawan, Kab. Kampar, Kota Dumai, Bagan siapi-api, kab. tembilahan, sekitarnya
    HP. 0853 7624 4454

    Untuk wilayah Ranai, Natuna, Bunguran Barat, Bunguran Timur, P Langong, P Batang, P Sedanau, P selangor sekitarnya
    Hubungi Bpk. SAKIRUN HP. 0813 7233 5120

    Untuk wilayah Selat Panjang, Pulau Rangsang, Rangsang Barat, Merbau, Tebing Tinggi, Karimun, Karimun Besar dan Pulau Mendol sekitarnya
    Hubungi Bpk. BAKRI HP. 0852 7203 4833
    Atau ke gaharuriau@gmail.com

    KAMI MELAYANI PEMBELIAN DI SELURUH INDONESIA

    KALAU BISA BELI YANG DEKAT NGAPAIN JAUH-JAUH karena MENGHINDARI KERUSAKAN AKIBAT PENGIRIMAN, dan BEA kirim.
    Harga Nego dan terjangkau

    BalasHapus
  7. sy kewalahan ditawari gaharu jenis malakensis oleh petani.sering sy tolak karena tdk punya pembeli yg serius.alasan pembeli karena tidak ada yg super ataupun king.jenis yg paling banyak; teri,layang,krupuk,Super AB dan medang bungkus.bila berminat hub sy HP 085252595856.atau ke email nana_along95@yahoo.com

    BalasHapus
  8. ada gak cabang asgarin untuk DIY & Jawa Tengah

    BalasHapus
  9. Gan numpang posting;
    saya punya tanaman gaharu usia 8 tahun lebih siap panen mau jual plus tanahnya 1 kapling ukuran 15x20m harga 75jt aja, minat? hub 081373277674

    BalasHapus
  10. kami menjual 1200 pohon gaharu umur 13 tahun diameter 30-45cm lokasi di kaltim di jual Rp. 1.500.000/pohon hub 085222440659

    BalasHapus